M. Furqan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISA KELAS XI SMA NEGERI 1 ROTE BARAT LAUT DENGAN METODE PBL

Penulis

  • unstar Rote UNIVERSITAS NUSA LONTAR ROTE
  • Furqan Universitas Nusa Lontar Rote

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, metode pembelajaran, problem based learning

Abstrak

Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)  merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kompetensi dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2018, bertempat di SMA Negeri 1 Rote Barat Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas partisipan (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah khususnya pada Kompetensi Dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika bagi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Rote Barat Laut. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan hingga mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat sarankan bahwa Pembelajaran sejarah  khususnya pada Kompetensi Dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar siswa.

 

Biografi Penulis

Furqan, Universitas Nusa Lontar Rote

M. Furqan merupakan salah seorang staf pengajar di lingkungan Universitas Nusa Lontatr Rote. Bidang ilmu yang di tempuhinya ialah bidang soal Humaniora. M. Furqan berasal dari Bima -NTB yang merantau sampai ke Kabupaten Rote Ndao-NTT hingga saat ini. Mata kuliah yang diasuh merupakan mata kuliah ilmu sosial dan Humaniora pada program Studi Pendidikan Sejarah. 

Referensi

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Ghalia Indonesia.

Daliman. A. 2013. Teknik Penyusunan dan Pembakuan Tes Hasil Belajar.Penerbit Ombak.

Leo Agung dan Sri Wahyuni.2013. Perencanaan Pembelajaran sejarah. Penerbit Ombak.

Medi Yanto. 2013. Jadi Guru Yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit. Andi Yogyakarta.

Ngalimun, 2014.Strategi dan Model Pembelajaran.Penerbit Aswaja Pressindo

Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta.

Nunuk Suryani(2012:13)pembelajaran berbasis masalah dan konvensional.

Sumatja (2003:121) proses pembelajaran dilakukan secara individu

Kokom Komalasasi (2015:59) model pembelajaran melibatkan siswa.

Diterbitkan

2021-05-03

Cara Mengutip

Rote, unstar, & Furqan, M. (2021). M. Furqan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISA KELAS XI SMA NEGERI 1 ROTE BARAT LAUT DENGAN METODE PBL. JURNAL ILMIAH UNSTAR ROTE, 1(2 Mei). Diambil dari http://jurnal.unstarrote.ac.id/index.php/unstar_rote/article/view/29

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>