M. Furqan KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISA KELAS XI SMA NEGERI 1 ROTE BARAT LAUT DENGAN METODE PBL
Kata Kunci:
Berpikir Kritis, metode pembelajaran, problem based learningAbstrak
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kompetensi dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2018, bertempat di SMA Negeri 1 Rote Barat Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas partisipan (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah khususnya pada Kompetensi Dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika bagi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Rote Barat Laut. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan hingga mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat sarankan bahwa Pembelajaran sejarah khususnya pada Kompetensi Dasar Kebangkitan Bangsa Asia dan Afrika dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar siswa.
Referensi
Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Ghalia Indonesia.
Daliman. A. 2013. Teknik Penyusunan dan Pembakuan Tes Hasil Belajar.Penerbit Ombak.
Leo Agung dan Sri Wahyuni.2013. Perencanaan Pembelajaran sejarah. Penerbit Ombak.
Medi Yanto. 2013. Jadi Guru Yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit. Andi Yogyakarta.
Ngalimun, 2014.Strategi dan Model Pembelajaran.Penerbit Aswaja Pressindo
Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta.
Nunuk Suryani(2012:13)pembelajaran berbasis masalah dan konvensional.
Sumatja (2003:121) proses pembelajaran dilakukan secara individu
Kokom Komalasasi (2015:59) model pembelajaran melibatkan siswa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JURNAL ILMIAH UNSTAR ROTE

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.